berikut adalah proposal  kegiatan CB (Character building) pancasila yang bertempat di Paud al-Madinah BSD, serpong.


site-logo-lg
logo-tfi-130715_2b
CBDC – TFI
Character Building  Pancasila



Anggota Kelompok

NIM
Nama
Jabatan
2101669152
Dessy Mae Setiawan
Ketua
2101672752
Riska Dewi Maulidah
Wakil Ketua
2101668105
Jonathan Gunawan
Anggota
2101671176
Yudha Oktaniawan
Anggota
2101674202
Refka Ahmadi Purnomo
Anggota
2101642743
Riyan Setiawan
Anggota
2101674562
Rendyka Audy Satri
Anggota

Kelas
LK01


  


BINUS UNIVERSITY
2017

PENGESAHAN PROPOSAL
Project Luar Kelas Character Buliding Kewarganegaraan

1.
Judul Project
:
Kegiatan Volunteering PAUD

2
Lokasi Project
:
Perguruan Al-Madinah
(jl. Purpita raya, Lengkong gudang, serpong, Kota Tangerang Selatan.)

3
Kelompok target kegiatan
:
Paud ( Pendidikan Anak Usia Dini)

4.
Nama Anggota Kelompok
:
1.     Dessy Mae Setiawan
2.     Riska Dewi Maulidah
3.     Jonathan Gunawan
4.     Yudha Oktaniawan
5.     Rendyka Audy Satri
6.     Riyan setiawan
7.     Refka Ahmadi purnomo




5
Mata Kuliah
:
Character Building Pancasila

6
Kelas
LK 01

7.
Dosen
:
Noor Rachmat


Tangerang,  06 Oktober 2017

Mengetahui



   (Noor Rachmat)                                                     (Dessy Mae Setiawan)
          Dosen CB pancasila                                                       Ketua Kelompok




DAFTAR ISI
Pengesahan Proposal………………………………………………………………………………..2
Bab 1: Pendahuluan
1.1 Latar Belakang…………………………………………………...………………..5
1.2 Permasalahan………………………………………………………………………….6
1.3 Tujuan …………………………………………………………………………..6
1.4 Metode Kegiatan………………………………………………………...………..7
Bab 2: Recana Kegiatan…………………………………..………………………………………....7
Bab 3: Konsep……………………………………………………………………………….10
Bab 4: Penutup……………………………………………………………………………….11




BAB 1
PENDAHULUAN


·        Latar Belakang

Sebagai bentuk rasa cinta dan kepedulian kami terhadap pendidikan yang berada di Indonesia, kami sebagai generasi muda ingin mengadakan sebuah kegiatan yang dapat berguna bagi generasi penerus bangsa untuk kedepannya. Banyak pihak yang tidak menyadari bahwa di sekitar kita terdapat anak-anak yang sangat membutuhkan bantuan dibidang pendidikan. Berkaitan dengan hal tersebut, kami merencanakan untuk mengadakan sebuah kegiatan volunteering untuk mengajar di sebuah PAUD.
Kegiatan volunteering ini sendiripun sebenarnya merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial kami untuk dapat memberikan manfaat terhadap masyarakat, khususnya di bidang pendidikan yang ditujukan bagi anak-anak usia dini. Atas dasar tersebut kami siap untuk mewujudkan kegiatan ini. Dengan dukungan bapak/ibu beserta semangat kami yang ingin mengabdi kepada masyarakat, kegiatan mengajar ini merupakan suatu bentuk bantuan kecil namun sangat berguna untuk membantu anak-anak yang membutuhkan pendidikan agar dapat memperoleh ilmu dengan seharusnya.
Dikarenakan hal diatas serta sebagai perwujudan mata kuliah Character Building Pancasila, kami sebagai mahasiswa/i BINUS University berniat untuk membantu anak-anak batita hingga anak-anak dengan melakukan kegiatan volunteering ke PAUD sebagai pengajar tambahan. Proposal yang kami buat ini bertujuan untuk memaparkan penjelasan mengenai kegiatan yang akan kami selenggarakan.

1.2    Permasalahan

Pendidikan harus diajarkan kepada anak-anak sejak usia dini untuk membangun moral dan intelektual anak-anak. Ketersediaan tenaga pengajar dan media pembelajaran juga kurang memadai untuk anak-anak pada rentang usia batita hingga anak-anak. Penanaman nilai – nilai Pancasila kepada anak-anak usia dini amat diperlukan agar kelak mereka dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan mereka nantinya saat mereka sudah bermasyarakat. Karena dewasa ini karakter remaja Indonesia semakin turun moralitasnya dan semakin mengabaikan nilai-nilai Pancasila yang selalu menjadi pedoman dalam norma-norma yang berlaku didalam masyarakat.  Maka, hal ini menjadi salah satu masalah yang menjadi fokus utama kehidupan masyarakat yang kami coba selesaikan melalui kegiatan sosial yang diadakan oleh Binus University. Semoga dengan adanya kegiatan ini , maka kami sebagai mahasiswa Binus University bisa berbagi ilmu kepada adik-adik yang berada di PAUD al-madinah
Tujuan
·        Meningkatkan motivasi belajar kepada anak-anak PAUD.
·        Memberi pengetahuan kepada anak-anak PAUD.
·        Berbagi kebahagian dengan anak-anak PAUD melalui permainan-permainan.


·           Metode Kegiatan

Rencana kegiatan yang akan kami lakukan adalah:
·        Memperkenalkan diri kami selaku mahasiswa/I dari Binus University.
·        Membantu para tenaga pengajar yang berada di PAUD al-madinah
·        Mengajarkan anak-anak dengan berbagai kegiatan.

BAB 2
Rencana Kegiatan

·        Pertemuan 1
Hari, Tanggal                   : Sabtu,7 Oktober 2017
Tempat                            : PAUD al - Madinah
Kegiatan                          : Survey dan Mengurus izin
Pukul 09.00-selesai          : - Survey PAUD
  - Meminta izin kepada kepala sekolah PAUD al- Madinah
·        Pertemuan 2
Hari, Tanggal                   : Kamis, 12 oktober 2017
Tempat                            : PAUD al - Madinah
Kegiatan         :
·        Pukul 09.00 – 09.30 : Perkenalan dan pertemuan dengan anak-anak paud
·        Pukul 09.30 – 10.00 : Bermain dan Penutupan

·        Pertemuan 3
Hari, Tanggal  : Rabu, 18 oktober  2017
Tempat            : PAUD al - Madinah
Kegiatan          :
·        Pukul 08.00 – 08.30 : Perkenalan dan doa
·        Pukul 08.30 – 09.00: Mendampingi kegiatan pembelajaran
·        Pukul 09.00 – 09.30 : Istirahat
·        Pukul 09.30 – 10.00 : Bermain dan Penutupan

·        Pertemuan 4
Hari, Tanggal  : Kamis, 25 oktober 2017
Tempat            : PAUD al-Madinah
Kegiatan          :
·        Pukul 08.00 – 08.30 : Perkenalan dan doa
·        Pukul 08.30 – 09.00: Mendampingi kegiatan pembelajaran
·        Pukul 09.00 – 09.30 : Istirahat
·        Pukul 09.30 – 10.00 : Bermain dan Penutupan


·        Pertemuan 5
Hari, Tanggal  : Rabu, 25 Oktober 2017
Tempat            : PAUD al-Madinah
Kegiatan          :
·        Pembuatan Laporan akhir













BAB 3 KONSEP

Pendidikan pancasila merupakan dasar dalam semua kehidupan bermasyarakat, maka dalam kegiatan sosial ini kami menerapkan pancasila dengan metode pengajaran yang menerapkan nilai – nilai pancasila dalam setiap kegiatan yang akan dilakukan. Kami menggunakan metode mendongeng. Karena menurut kami, dengan melalui sebuah cerita yang memiliki pesan moral akan lebih mudah diterima oleh anak-anak. Kami menggunakan cerita yang memiliki nilai dan makna Pancasila didalamnya sehingga secara tidak langsung kami sudah menyampaikan nilai-nilai dan makna Pancasila kepada mereka. Kami juga menggunakan metode permainan (games) untuk meningkatkan keaktifan anak-anak dan mengajarkan kerja sama antar teman, yang mencerminkan nilai gotong royong dalam Pancasila.










BAB 4
PENUTUPAN
Demikian proposal ini kami ajukan, besar harapan kami kegiatan ini dapat terlaksana dengan lancar dan sesuai dengan rencana yang telah disususn serta tercapai pula tujuan dan sasaran yang kami tentukan. Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih.
Advertisements






















Komentar