berikut adalah proposal kegiatan CB (Character building) pancasila yang bertempat di Paud al-Madinah BSD, serpong.
CBDC – TFI
Character Building Pancasila
Anggota Kelompok
NIM
|
Nama
|
Jabatan
|
2101669152
|
Dessy
Mae Setiawan
|
Ketua
|
2101672752
|
Riska
Dewi Maulidah
|
Wakil
Ketua
|
2101668105
|
Jonathan
Gunawan
|
Anggota
|
2101671176
|
Yudha
Oktaniawan
|
Anggota
|
2101674202
|
Refka
Ahmadi Purnomo
|
Anggota
|
2101642743
|
Riyan
Setiawan
|
Anggota
|
2101674562
|
Rendyka Audy Satri
|
Anggota
|
Kelas
|
LK01
|
BINUS UNIVERSITY
2017
PENGESAHAN PROPOSAL
Project Luar Kelas
Character Buliding Kewarganegaraan
1.
|
Judul
Project
|
:
|
Kegiatan
Volunteering PAUD
|
|
2
|
Lokasi
Project
|
:
|
Perguruan
Al-Madinah
(jl.
Purpita raya, Lengkong gudang, serpong, Kota Tangerang Selatan.)
|
|
3
|
Kelompok
target kegiatan
|
:
|
Paud
( Pendidikan Anak Usia Dini)
|
|
4.
|
Nama
Anggota Kelompok
|
:
|
1. Dessy Mae Setiawan
2. Riska Dewi Maulidah
3. Jonathan Gunawan
4. Yudha Oktaniawan
5. Rendyka Audy Satri
6. Riyan setiawan
7. Refka Ahmadi
purnomo
|
|
5
|
Mata
Kuliah
|
:
|
Character
Building Pancasila
|
|
6
|
Kelas
|
:
|
LK
01
|
|
7.
|
Dosen
|
:
|
Noor
Rachmat
|
Tangerang, 06 Oktober 2017
Mengetahui
(Noor Rachmat) (Dessy Mae Setiawan)
Dosen CB
pancasila Ketua Kelompok
DAFTAR ISI
Pengesahan
Proposal………………………………………………………………………………..2
Bab 1: Pendahuluan
1.1 Latar Belakang…………………………………………………...………………..5
1.2 Permasalahan………………………………………………………………………….6
1.3 Tujuan …………………………………………………………………………..6
1.4 Metode Kegiatan………………………………………………………...………..7
Bab 2: Recana
Kegiatan…………………………………..………………………………………....7
Bab 3: Konsep……………………………………………………………………………….10
Bab 4: Penutup……………………………………………………………………………….11
BAB 1
PENDAHULUAN
·
Latar Belakang
Sebagai bentuk rasa
cinta dan kepedulian kami terhadap pendidikan yang berada di Indonesia, kami
sebagai generasi muda ingin mengadakan sebuah kegiatan yang dapat berguna bagi
generasi penerus bangsa untuk kedepannya. Banyak pihak yang tidak menyadari
bahwa di sekitar kita terdapat anak-anak yang sangat membutuhkan bantuan
dibidang pendidikan. Berkaitan dengan hal tersebut, kami merencanakan untuk
mengadakan sebuah kegiatan volunteering untuk mengajar di sebuah PAUD.
Kegiatan
volunteering ini sendiripun sebenarnya merupakan bentuk kepedulian dan tanggung
jawab sosial kami untuk dapat memberikan manfaat terhadap masyarakat, khususnya
di bidang pendidikan yang ditujukan bagi anak-anak usia dini. Atas dasar
tersebut kami siap untuk mewujudkan kegiatan ini. Dengan dukungan bapak/ibu
beserta semangat kami yang ingin mengabdi kepada masyarakat, kegiatan mengajar
ini merupakan suatu bentuk bantuan kecil namun sangat berguna untuk membantu
anak-anak yang membutuhkan pendidikan agar dapat memperoleh ilmu dengan
seharusnya.
Dikarenakan hal diatas serta sebagai perwujudan mata
kuliah Character Building Pancasila, kami sebagai mahasiswa/i
BINUS University berniat untuk membantu anak-anak batita hingga anak-anak
dengan melakukan kegiatan volunteering ke PAUD sebagai pengajar tambahan.
Proposal yang kami buat ini bertujuan untuk memaparkan penjelasan mengenai
kegiatan yang akan kami selenggarakan.
1.2 Permasalahan
Pendidikan harus
diajarkan kepada anak-anak sejak usia dini untuk membangun moral dan
intelektual anak-anak. Ketersediaan tenaga pengajar dan media pembelajaran juga
kurang memadai untuk anak-anak pada rentang usia batita hingga anak-anak.
Penanaman nilai – nilai Pancasila kepada anak-anak usia dini amat diperlukan
agar kelak mereka dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan mereka
nantinya saat mereka sudah bermasyarakat. Karena dewasa ini karakter remaja
Indonesia semakin turun moralitasnya dan semakin mengabaikan nilai-nilai
Pancasila yang selalu menjadi pedoman dalam norma-norma yang berlaku didalam masyarakat.
Maka, hal ini menjadi salah satu masalah yang menjadi fokus utama kehidupan
masyarakat yang kami coba selesaikan melalui kegiatan sosial yang diadakan oleh
Binus University. Semoga dengan adanya kegiatan ini , maka kami sebagai
mahasiswa Binus University bisa berbagi ilmu kepada adik-adik yang berada di
PAUD al-madinah
Tujuan
·
Meningkatkan motivasi belajar kepada
anak-anak PAUD.
·
Memberi pengetahuan kepada anak-anak
PAUD.
·
Berbagi kebahagian dengan anak-anak
PAUD melalui permainan-permainan.
·
Metode Kegiatan
Rencana kegiatan
yang akan kami lakukan adalah:
·
Memperkenalkan diri kami selaku
mahasiswa/I dari Binus University.
·
Membantu para tenaga pengajar yang
berada di PAUD al-madinah
·
Mengajarkan anak-anak dengan berbagai
kegiatan.
BAB 2
Rencana Kegiatan
·
Pertemuan 1
Hari, Tanggal : Sabtu,7 Oktober 2017
Tempat : PAUD al -
Madinah
Kegiatan : Survey dan Mengurus
izin
Pukul 09.00-selesai : - Survey PAUD
- Meminta izin kepada kepala sekolah PAUD al-
Madinah
·
Pertemuan 2
Hari, Tanggal : Kamis, 12 oktober 2017
Tempat : PAUD al -
Madinah
Kegiatan
:
·
Pukul 09.00 – 09.30 : Perkenalan dan
pertemuan dengan anak-anak paud
·
Pukul 09.30 – 10.00 : Bermain dan
Penutupan
·
Pertemuan 3
Hari, Tanggal
: Rabu, 18 oktober 2017
Tempat
: PAUD al - Madinah
Kegiatan
:
·
Pukul 08.00 – 08.30 : Perkenalan dan
doa
·
Pukul 08.30 – 09.00: Mendampingi
kegiatan pembelajaran
·
Pukul 09.00 – 09.30 : Istirahat
·
Pukul 09.30 – 10.00 : Bermain dan
Penutupan
·
Pertemuan 4
Hari, Tanggal
: Kamis, 25 oktober 2017
Tempat
: PAUD al-Madinah
Kegiatan
:
·
Pukul 08.00 – 08.30 : Perkenalan dan
doa
·
Pukul 08.30 – 09.00: Mendampingi
kegiatan pembelajaran
·
Pukul 09.00 – 09.30 : Istirahat
·
Pukul 09.30 – 10.00 : Bermain dan
Penutupan
·
Pertemuan 5
Hari, Tanggal
: Rabu, 25 Oktober 2017
Tempat
: PAUD al-Madinah
Kegiatan
:
·
Pembuatan Laporan akhir
BAB 3 KONSEP
Pendidikan
pancasila merupakan dasar dalam semua kehidupan bermasyarakat, maka dalam
kegiatan sosial ini kami menerapkan pancasila dengan metode pengajaran yang
menerapkan nilai – nilai pancasila dalam setiap kegiatan yang akan dilakukan.
Kami menggunakan metode mendongeng. Karena menurut kami, dengan melalui sebuah
cerita yang memiliki pesan moral akan lebih mudah diterima oleh anak-anak. Kami
menggunakan cerita yang memiliki nilai dan makna Pancasila didalamnya sehingga
secara tidak langsung kami sudah menyampaikan nilai-nilai dan makna Pancasila
kepada mereka. Kami juga menggunakan metode permainan (games) untuk
meningkatkan keaktifan anak-anak dan mengajarkan kerja sama antar teman, yang
mencerminkan nilai gotong royong dalam Pancasila.
BAB 4
PENUTUPAN
Demikian proposal
ini kami ajukan, besar harapan kami kegiatan ini dapat terlaksana dengan lancar
dan sesuai dengan rencana yang telah disususn serta tercapai pula tujuan dan
sasaran yang kami tentukan. Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih.
Advertisements
Komentar
Posting Komentar